Pembelajaran Di Ruang Kelas Mahasiswa MM

2736c921-a6af-4136-9b00-923cffc05900.jpeg

Pembelajaran yang berpusat pada peserta belajar dimaknai sebagai proses belajar yang memungkinkan peserta belajar melihat bahwa hal-hal yang mereka pelajari dan kerjakan itu mempunyai tujuan dan relevansi dengan kehidupannya sehingga mereka juga mempunyai motivasi untuk terlibat di dalamnya. Pemusatan ini juga membawa konsekuensi harus diterimanya keberagaman yang ada pada peserta belajar, baik latar belakang sosial budaya, pengetahuan awal, maupun tujuan yang hendak mereka capai. Kegiatan belajar mengajar dalam kurikulum diarahkan pada tercapainya berbagai kompetensi siswa baik secara individual maupun secara berkelompok. Kompetensi-kompetensi tersebut harus dicapai melalui serangkaian pembelajaran yang menggunakan berbagai pendekatan, metode, dan sumber belajar yang bervariasi dengan menempatkan mahasiswa sebagai pusat dari pembelajaran tersebut. Kegiatan belajar mengajar tersebut dapat berjalan dengan efektif apabila Dosen dapat menghidupkan kelas-kelas mereka dengan optimal. Menghidupkan kelas dalam hal ini dapat disebut juga sebagai upaya melakukan manajemen kelas yang optimal. Optimalisasi manajemen kelas ini akan menjadi kunci tercapainya tujuan–tujuan pembelajaran sehingga tercapai suatu pola pembelajaran yang efektif.